Tag: resep makanan

Resep Membuat Gorengan Bakwan yang Sehat dan Enak di Rumah

Gorengan Bakwan merupakan jajanan khas Indonesia yang tentunya sangat dikenal dan mudah dijumpai diberbagai pedagang yang menjual makanan, sejatinya gorengan bakwan bukan hanya tersedia dipenjual gorengan saja karena terkadang bakwan justru disediakan juga di jajanan lainnya.

Namun jajanan yang sangat disenangi ini ternyata merupakan makanan yang kurang sehat dan kurang baik bagi tubuh karena mengandung banyak lemak dan minyak, hal ini lah yang menjadikan landasan awal untuk membuat resep membuat bakwan yang tetap sehat untuk tubuh.

Tips Dalam Menggoreng Makanan Agar Tetap Sehat

Jajanan bakwan sendiri biasanya akan digoreng menggunakan minyak kelapa sawit yang tentu akan membuat makanan menjadi renyah dan garing, namun kandungan didalam makanan yang digoreng tentu banyak mengandung lemak dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Terlebih lagi dengan penambahan bumbu seperti garam dan gula dapat berdampak buruk karena dapat memicu penyakit kolesterol dan membuat berat badan tidak normal, namun untuk tetap dapat menikmati kenikmatan dari bakwan bisa mengikuti beberapa tips dalam mengolah bakwan menjadi makanan sehat.

1. Gunakan minyak goreng dengan kualitas terbaik
Pilihan yang paling sering digunakan untuk menggoreng makanan adalah jenis minyak sayur yang sebenarnya minyak tersebut kurang baik, untuk menjadikan makanan menjadi lebih sehat dapat menggunakan jenis minyak goreng lainnya seperti minyak Zaitun, minyak kacang kedelai, atau minyak jenis lainnya.

2. Menggunakan peralatan masak yang bersih dan higienis
Kebersihan dalam membuat makanan sehat tentu bukan berasal dari bahan makanan saja yang harus dijaga kebersihan dan kehigienisannya, peralatan masak yang digunakan tentu harus dijaga kualitas dan kebersihannya agar makanan yang disajikan lebih maksimal kesehatannya.

3. Suhu minyak dan tingkat kematangan yang pas
Banyak orang yang salah dalam menggoreng makanan menggunakan minyak karena biasanya orang-orang menggoreng makanan saat suhu minyak sangat panas yang ditandai dengan munculnya asap, hal ini tentu cara yang salah karena minyak goreng yang menimbulkan asap justru sudah berkurang kualitasnya.

Alangkah lebih baik masukan makanan yang akan digoreng di minyak yang suhunya stabil dan dengan keadaan panas yang normal agar tetap terjaga kualitasnya, lalu perhatikan juga kematangan makanan dan sebaiknya goreng lah suatu makanan hingga bagian luar terlihat cokelat keemasan dan jangan sampai berwarna cokelat kehitaman.

Berikut Resep Bakwan Sayur atau Bakwan Jagung yang Sehat

Sayuran atau jagung pada isi bakwan tentu dapat melengkapi serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh selain karbohidrat yang terkandung didalam tepung, resepnya pun terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Berikut resepnya,

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat bakwan sayur :
~ 200 gram tepung terigu
~ 100 gram kol yang sudah di iris halus
~ 100 gram buncis yang sudah di iris halus
~ 1 buah wortel yang sudah di iris halus
~ 1 butir telur
~ 1 batang daun bawang yang sudah di iris halus
~ 5 siung bawang merah dan 3 batang daun bawang (bagian putih) dan ½ sendok merica dan tumbuk halus

Aduk semua bahan sampai tercampur merata lalu goreng dengan ukuran sesuai selera, jika sudah matang bisa disajikan dengan tambahan sambal atau cabe rawit agar menambah cita rasa.

Untuk membuat bakwan jagung sendiri terbilang mirip hanya saja, kontimen sayurannya dapat diganti dengan jagung pipil manis sebanyak 300 gram.

Kuliner Terbaik di Bali dan Resep Makanan Lezat

BUKAN BAKSO KOPONG

Gak jd kopong gaes, gara2 minyaknya berbusa.
Serba salah mau mainin api, yg ada busanya tambah banyak. Setelah sekian lama menggoreng akhirnya aku pindah ke wajan dgn minyak baru lagi. Tetep ada busa walau gak separah yg pertama.
Ada yg tau kira2 kenapa minyak sampai busanya parah ? Uda kayak lava
gunung merapi.

Kalau karena telur, selama ini jg goreng adonan yg ada telurnya, tapi aman2 aja.
Kalau ada baking powder, tapi pakek nya dikit banget lo hanya 1/4sdt dan dulu2 juga aman2 aja.
Kalau minyaknya jelek, ini aku pakai minyak baru buka kemasan.

PUNYA JAGUNG DI RUMAH ?
Bikin ini aja endul.
Makannya gak mau berenti

resepnya Cireng jagung ala aku ya.

1buang jagung manis muda ukuran besar diserut
2 bawang merah
3 bawang putih
100cc air
1/2 sdt lada bubuk
1,5sdt garam
1sdt kaldu jamur
2 batang daun bawang
350-400gr tepung sagu

Resto Bali

Bali merupakan kota yang memiliki banyak sekali cafe instagrammable yang memukau. Aku seneng banget kalau udah sampai di Bali karena bisa hunting cafe – cafe dan resto lucu. Salah satunya adalah Fat Mermaid Bali yang memiliki makanan serta minuman yang sangat lezat.

Cute resto in Canggu area. Aku senang sekali makan di fat mermaid Bali, selain interior yang cute dan bagus untuk foto-foto, makanannya juga enak-enak! Kalau dilihat dari porsinya yang besar harganya jadi affordable deh ini. Paling favorit sih Choco Explosion, chocolate lava cake pakai mix berry compote yang luar biasa enaaaakk.

Sekitar satu jam perjalanan dari Ubud, kalian bisa menikmati air terjun Tukad Cepung ini. Aku selalu suka eksplor areanya, walaupun trek naik turunnya lumayan. Nah kalau datang di waktu dan musim yang pas bisa lihat cahaya yang tembus ke dalam goa ini, cantik banget. Tapi kalau lagi hujan seperti sekarang ya agak susah dapatnya. By the way kalau ke sini pakai alas kaki yang nyaman ya.

Kreasi Beberapa Menu Makanan Lezat untuk Keluarga Anda

Udang bakar oven

8 ekor udang macan belah punggung jangan putus

3 siung bawang putih haluskan
3 sdm saos tiram
1 dm kecap inggris
Kecap manis dikit aja
Gula
Kaldu jamur
Garam bila perlu
Lada

Campur semua bahan aduk rata masukan bumbu2nya ke dalam punggung udang diamkan 1 jam
Baru bakar di oven api atas, api kecil sampai matang

Bisa langsung bakar ato pakai tusuk sate ya menurut selera aja.

Chasio bak

1/2 kg daging kapsim
1 tetes pewarna kue
2 sdm arak
1 sdt bumbu ngohiong
1 sdm saos tiram
1 sdm soy sauce
Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada
Campur jd satu aduk rata diamkan 1 malam di kulkas

Panaskan wajan masukan daging tuang air sampai daging nya kerendam setelah mendidih tes rasa, masak sampai airnya kering siram sedikit minyak masak sampai kering dan wangi dengan api kecil.

Sayur asin samcan angcau

Secukupnya daging samcan potong menurut selera
2 ikat sayur asin potong2
1 bh tahu kuning potong2 goreng bentar aja
2 ruas jahe iris
4 siung bawang putih keprek
Air secukupnya

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada
2 sdm saos tiram
2 sdm angcau

Tumis bawang putih dan jahe sampai wangi masukan daging samcan aduk rata sampai agak matang masukan sayur asin,tahu,air,penyedap, tes rasa masak sampai air agak menyusut angkat.

Masih punya sisa daging tenggiri 250 gr bikin otak otak goreng (gak punya daun) dan otak otak kukus
Gini aja enaaakkk beuuud
Bikinnya gak pake ribet moms

Otak otak goreng

250 gr ikan tenggiri setengah beku
1 butir putih telur
100 gr sagu cap tani
65 ml santan kara
3 kotak es batu bawaan kulkas
3 sdm santan + sejumput garam (ini untuk yg di piring kukus)
3 siung bawang putih
8 siung bawang kerah

1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Chopper duo bawang sisihkan.
Chopper es batu lalu masukan daging Chopper lagi sampai halus masukan garam, gula, kaldu jamur dan lada Chopper rata baru masukan santan kara dan putih telur Chopper lagi terakhir masukan sagu dan duo bawang Chopper biar rata angkat.
Siapkan piring tahan panas masukan 3 sdm santan + garam aduk rata baru masukan daging ikan ratakan kukus selama 30 menit angkat, hidang dengan sambel merah joss.

Kreasi Masakan Unik Agar Tidak Bosan untuk Menu Dirumah

Kari ayam ala mak foodies
Dengan bumbu sederhana kamu sudah bisa bikin masakan kari sendiri loh di rumah. Kalau tempe digoreng gak laku, tapi kalau di campur dengan kari kayak gini laris manis.

1/2 ekor ayam potong2
4 butir telur rebus
1/2 papan tempe potong kotak.

Bumbu halus :
4 cabe merah kriting (aku buang bijinya supaya anak bisa makan dan warna kari bagus)
20 grm lengkuas
6 bawang merah
3 bawang putih
1,5 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt terasi sangrai
2 butir kemiri

Air krg lebih 700cc
1,5 sdt penyedap jamur totele
2 sdt gula pasir
1,5 sdt Garam atau sesuai selera.
3 sdm Fibercream – pengganti santan

Tumis bumbu halus, masukan ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan air, masak hingga ayam empuk dengan api kecil.
Tambahkan tempe, telur, garam, gula, penyedap.
Masak lagi 5menit.
Terakhir masukan Fibercream aduk rata.
Masak 1menit lalu angkat.

Kalau makan ikan tenggiri kamu suka bagian kepala apa ekor ni ?
Kalau mamak suka bagian ekor di bakar kecap.

Bumbunya sederhana untuk 1/2kg ekor tenggiri.
5 bawang merah
3 bawang putih
1/2 jempol kencur
Lada bubuk dan garam secukupnya
Semua bumbu di haluskan dengan blender dan tambahkan minyak sayur secukupnya.
Balur ikan dengan bumbu halus diamkan 1jam di kulkas.
Lalu dibakar.
Campur sisa bumbu dengan sedikit margarin dan kecap manis.
Oleskan pd ikan sambil di bakar.
Bakar hinggga matang.
Untuk sambal saya pakai sambal cabe ijo ulek dr finnafood, edisi lagi males bikin sambal.

Pempek keriting gendut ala mak foodies
Cetakannya uda gak tau kemana jadi pakai cetakan mie aja.

Resep:
1kg daging ikan tenggiri
4 bawang putih
600ml air (kalau ikan tdk beku pakai air es)
600-650 grm sagu tani
25grm penyedap jamur
20grm garam. .

Masukan ikan (saya pakai ikan 1/2 beku) kedlm food procesor (cara dipotong2) lalu masukan air dan bawang putih. blen smp halus
Tuang diwadah tambahkan p.jamur aduk rata baru terakhir garam.
Aduk smp adonan mengikat
Terakhir masukan sagu ratakan dan dibentuk. (Jgn terlalu diulenin)

Masak Hanya dengan Bumbu yang Tersedia di Rumah

Masak dengan bumbu suka2 ala saya
Enak dan laris manis.
Bikinnya gak pedas, jd anak2 jg bisa makan.

Resep
1 buah labu siam uk.400gr iris2 memanjang
1 buah wortel iris2
Buncis 10 buah (ngabisin stok kulkas)
100gr udang kupas kasih soda kue diamkan 1/2 jam di kulkas lalu bilas smp bersih. Nanti teksturnya garing.
2 sdm fibrecreme / bisa ganti santan
Kerupuk kulit secukupnya (gk nimbang brp grm)

Bumbu halus.
7 bawang merah
3 bawang putih
3 cm lengkuas muda
1 jari kunyit
2 cabe besar merah, bukan keriting ya. Biar warna masakan bagus. Klu kalian suka pedas bisa sesuaikan
2 buah kemiri
1sdm ebi yg sdh di rendam air panas atau bisa ganti 1sdt terasi mentah.

Air secukupnya, garam, gula, penyedap sesuai selera.

Tumis bumbu halus smp wangi
Masukan sayuran  masak smp layu.
Tuang air, fibercreme, dan bumbu penyedap.
Masak hingga mendidih dan sayur 1/2 matang, masukan udang.
Sdh mau angkat, masukan kerupuk kulit.
Aduk2 angkat.

MIE AYAM
Mienya beli jadi ya, aku beli mie karet kecil. Gak ada merk.
Mie nya enak banget.

Resep ayam :
1kg paha ayam cuci bersih, rebus dengan jahe sampai air kotor keluar angkat tiriskan lalu cincang kasar.

Bumbu2 :
3 buah bawang merah besar liat di story aku bawangnya gede katanya si bawang Taiwan, iris tipis.
10 buah bawang putih halus
1sdt lada bubuk
2sdm saos tiram
1sdm kecap manis
1sdm kecap asin
100cc air
1sdt gula
1 sdt penyedap jamur
Kalau suka asin bisa tambah garam.

Tumis bawang sampai harum dengan api kecil.
Masukan ayam, aduk2 sampai rata.
Masukan semua bumbu, aduk2 lg.
Tambahkan air, besarkan api masak sebentar lalu angkat.

MINYAK BAWANG PUTIH

Biasanya aku bikin lebih halus dari ini. Kemarin bikin, mata lagi siwer dikira sudah halus ternyata masih kasar
Minyak baput ini wajib aku stok dirumah. Masak menu berkuah sangat cepat.
Hasilnya jg enakk. Praktis
Bikin bubur jg enak dan wangi.
~selamat mencoba~ Enak bikin sendiri ya dpt nya banyak.
Ini toples beli di pinggir jalan Obral coi cuma 10k
Beli di mol mungkin lebih mahal.
Jaman sekarang kudu pinter2 ngeluarin uang harus hemat

Menu Masak Hari Ini Mudah dan Sederhana Anti Repot

SAMBAL GORENG KENTANG
.1Kg kentang pot dadu goreng, jangan sampai garing supaya tidak keras
.12 cabe rawit utuhkan
.2btg dn bawang rajang
.7ati ayam tnp ampela, rebus dengan 5dn salam tiris, pot
.2ruas laos geprek
.5dn salam
.65ml santan kara
.50ml kaldu/air
.mnyk unt tumis
.1 papan pete kupas belah
.grm
.gulput
🥥bumbu uleg :
.4 baput cutting
.7 bamer
.12 cabe merah kriting

. 🥥cara :
.tumis bumbu uleg sampai harum, masukan salam, laos, air sampai mendidih, masukan ati ayam, grm, gulput, kentang, santan masak sampai kluar minyak, tes rasa, baru masukan rawit, pete, dn bwg

COAN COAN PINDANG
. 8 ekor pindang salem (belah, buang kepala, isi perut, tulang) goreng 1/2 matang
🌶 Bumbu iris :
. 250gr tomat ijo
. 10 cabe ijo besar . 5 cabe mrh kriting
. 3 baput cutting
. 7 bamer
🌶 Bumbu cemplung :
. 5dn jeruk buang tulangnya
. 4dn salam
. 2ruas jahe geprek
. 2ruas laos geprek
. 1btg sereh geprek
. 2sdm kcp ikan
. Kcp manis
. Garam
. Gulput
. Minyak untuk tumis
. Air secukupnya
🌶 Cara :
Tumis bumbu iris hingga matang kecuali tomat, masukan bumbu cemplung kecuali air, setelah harum baru masukan tomat, air, setelah mendidih masuk ikan, biarkan bumbu meresap tapi tidak asat dengan api sedang, tes rasa, angkat & sajikan

SAMBAL GORENG LABU SIAM
🌶Bahan :
. 200gr dg sapi presto iris
. 1bh Labu siam pot korek api
. 200gr kcg panjang potek
. 500ml santan peras
. 1lt kaldu sapi
🌶Bumbu ulek :
. 7 cabe merah kriting
. 3 baput cutting
. 7 bamer
🌶Bumbu cemplung :
. 4dn salam
. 2ruas laos geprek
. 7 cabe rawit
. Garam
. Gulput . Minyak untuk menumis
🌶Cara :
. Tumis bumbu ulek, masukan bumbu cemplung, bahan kecuali santan & rawit, setelah mendidih matang tuang santan, rawit & koreksi rasa

ASEM ASEM BUNCIS
🍄Bahan iris :
200gr dg sapi presto
200gr buncis
1bh labu siam
8bh belimbing sayur
1bh wortel
🍄Bumbu iris :
3 baput cutting
7 bamer
5 cabe ijo bsr
5 cabe mrh kriting
🍄Bumbu cemplung :
2ruas laos geprek
4lbr dn salam
Kecap mns
Kecap ikan
Grm
Gulput

2lt Kaldu sapi
Minyak unt tumis
🍄Cara :
* tumis bumbu iris sampai matang, masukan kaldu sampai mendidih, masukan semua bumbu cemplung & bahan iris sampai matang, tes rasa

Menu Sehat untuk Sajian Masakan Hari Ini

Iseng saja nitip iga sama ibu warung, kok ternyata ada. Saya masak sop, keponakan seneng sayur sop dimasak semua sekalian buat krucil2 …
Iga saya masak dg slow cooker selama 3 jam. Memasak dg SC selain daging empuk merata, tidak hancur, bumbu meresap & air tidak surut. Karena keterbatasan kapasitas si SC sebagian bumbu & airnya sy masak di panci

SOP IGA SAPI

✔Bahan :
. 1kg Iga Sapi
. 3ltr air putih

✔Bumbu uleg :
. 11 baput besar
. Merica
. 1.5biji pala sedang
. Garam

✔Bumbu lainnya :
. 1 bombay besar pot dadu kecil
. 6 kapulaga
. 5 cengkeh
. Kaldu bubuk sapi
. Gulpas
. Sejempol jahe, geprek

✔Sayuran sesuai selera :
. 250gr wortel
. 500gr kentang
. 1 wungkul sedang kembang kol
. 2btg seledri
. 2btg daun bawang
. 2bh tomat merah sedang

✔Pelengkap :
. Bawang goreng
. 2bh Jeruk nipis potong2
. Sambal ( lombok rawit ijo, rebus, uleg)

✔Cara :
. Didihkan air, rebus iga 5 menit. Buang air rebusan pertama krn keruh kotor. Tiris
. Tumis bumbu uleg sampai matang. Masukkan bombay tumis sampai layu. Sisihkan
. Masukkan semua iga di SC, (semua bumbu, yg ditumis & air ( dibagi 2, sebagian di panci))krn kapasitas SC 2.5Ltr
. Masak iga di sc selama 3jam. Lalu tuang di didihan air bumbu yg dipanci. Masak selama 5 menit masukkan sayuran
. Tes rasa, beri pelengkap, sajikan

Setelah kemarin makan yang bersantan terus pingin ganti yang bening.
Saya suka makan sayur asem dalam keadaan sudah adem, lebih seger rasanya ..
Ditemani balado pindang tongkol & bakwan sayur ..
Sarapan yuuk ..

SAYUR ASEM JAWA

✔Bahan :
. 2sdm kacang tanah (air rebusan pertama dibuang)
. 1.5ltr air putih
. 7 belimbing wuluh
. 3 daun salam
. Seruas laos geprek
. Garam
. Gulpas
. Kaldu jamur

✔ Sayuran potong sesuai selera :
. 10 tangkai kacang panjang
. 1bh labu siam sedang
. 1 genggam daun mlinjo
. 1bh jagung manis

✔Bumbu iris :
. 4 baput
. 7 bamer
. 1 cabe hijau besar dibelah

✔Cara :
. Didihkan air
. Masukkan kacang tanah, jagung, bumbu iris, salam, laos, gulpas, garam, kaldu jamur, tutup panci
. Setelah mendidih masukkan belimbing, kacang pnjg, labu tutup kembali
. Setelah sayuran tadi matang masukkan daun mlinjo
. Tes rasa & sajikan

Ide Masakan Mudah dan Simple Tapi Enak

Persiapan untuk makan siang bikin gado – gado. Kemarin sambal pecel nya masih banyak jadi saya olah lagi jadi bumbu gado – gado.. Ini gado-gado versi Solo ya tapi ngga pake emping & krupuk merah karena ngga punya saya ganti dengan kerupuk bawang, Minus tomat merah juga yak kelupaan belum kefoto

GADO – GADO

. Bahan :
. 1 papan tempe, potong dadu – goreng
. 10 kotak tahu putih, potong dadu – goreng
. 200gr buncis, kukus – potong 3 cm
. Wotel, kukus & kupas – potong 3cm
. Kentang, kukus & kupas – potong bulat
. 4btr telur rebus – potong bulat
. 3bh tomat merah – potong bulat

. Bumbu :
. 300gr bumbu pecel
. 65ml santan kara
. 1 batang serai – geprek
. 75ml air putih

. Pelengkap :
. Emping goreng – remas (me, skip)
. Krupuk udang goreng – remas
. Krupuk merah goreng – remas
. Bawang goreng

. Cara :
. Rebus semua bumbu, terakhir masukkan santan
. Tata di piring bahan2 secukupnya, tambahkan pelengkap lalu siram dengan bumbu
. Sajikan

SAMBAL PECEL

. Bahan :
. 400gr Kacang tanah goreng/sangrai ( yg masih ada kulit ari)
. 400gr gula merah/sesuai selera(pilih yg tdk keras)
. 5sdt garam / sesuai selera
. 15lbr daun jeruk ( buang tulangnya)
. Penyedap secukupnya
. 20gr kencur
. 1bngks plastik kecil asam jawa(buang bijinya)

. Bumbu goreng :
. 30gr baput
. 30gr bamer
. 7 rawit merah/sesuai selera ya
. 7 cabe merah kriting ( me skip habis)

. Cara :
. Blender kacang sisihkan
. Uleg bumbu goreng, kencur, garam, penyedap, daun jeruk, asam jawa sisihkan
. Haluskan gula merah sisihkan
. Aduk merata semuanya. Tes rasa

GULAI

. Bahan :
. 7 butir telur ayam rebus – kupas
. 1/2 dada – potong 4 (kucuri jeruk nipis)
. 10 kotak kecil tahu putih
. 1750ml air putih
. 2bgks santan kara 65ml
. Bumbu uleg :
. 4 baput kating
. 9 bamer
. 4 kemiri – sangrai
. Garam secukupnya
. Sejempol jahe
. Setelunjuk kunyit – bakar
. 4 Cabe merah besar

. Bumbu cemplung :
. 2lbr daun kunyit
. 7lbr daun jeruk
. 4lbr daun salam
. 4 kapulaga
. 1 bunga lawang
. 1 asam kandis
. 1/2 sdt ladaku
. Seruas laos
. 2btg serai
. 1sdt gulpas
. 2sdt kaldu jamur

. Cara :
. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan bumbu cemplung dan air. Tutup hingga mendidih dan wangi
. Masukkan ayam, telur, tahu tutup lagi sampai ayam matang
. Tuang santan, kecilkan api. Biarkan sampai bumbu meresap
. Sajikan

Resep Dessert Panacotta Matcha Pandan

Dessert atau yang biasa dikenal dengan makanan penutup biasanya bersifat manis. Siapa yang tidak suka dessert? makanan ini sangat enak dengan berbagai macam kreasi resep yang menarik. Kali ini kita akan membahas dessert yang terbuat dari matcha dan pandan. Bisa bayangkan hasilnya akan menjadi wangi seperti apa?

Panacotta Matcha Pandan

Bahan 1 :
🤍agar2 3gr
🤍cocholatos matcha 48gr/ 2sct
🤍air panas 2sdm
🤍gula pasir 4sdm
🤍full cream 500ml
🤍pasta pandan 2tetes

Bahan 2 :
🤍agar2 3gr
🤍chocolatos matcha 72gr/ 3sct
🤍air panas 3sdm
🤍gula pasir 3sdm
🤍full cream 500ml
🤍pasta pandan 3tetes

Topping :
🤍whipcream bubuk 100gr
🤍air es 200cc
🤍kitkat matcha
🤍alpukat

Cara membuat lapisan 1 :
🤍campur chocolatos matcha dgn air panas 2sdm, aduk rata hingga menjadi pasta, sisihkan
🤍campur agar2, gula pasir dan full cream, aduk rata, lalu masukkan pasta matcha, aduk rata kembali, kemudian masak dgn api kecil hingga meletup, matikan api
🤍tambahkan 2tetes pasta pandan, aduk rata, lalu saring, tuang ke wadah dan dinginkan hingga set

Cara membuat lapisan 2 :
🤍campur chocolatos matcha dgn air panas 3sdm, aduk rata, hingga menjadi pasta, sisihkan utk campuran topping 3sdt saja
🤍campur agar2, gula pasir dan full cream, aduk rata, tambahkan pasta matcha, aduk rata
🤍kemudian masak dgn api kecil hingga meletup, matikan api
🤍tambahkan pasta pandan 3tetes, aduk rata, saring, tuang setelah lapisan 1 sudah set ya
🤍setelah dingin, masukkan kedalam kulkas minimal 1jam
🤍lalu beri topping

Topping whipcream :
🤍campur whipcream dgn air es, tambahkan pasta matcha 3sdt dan pasta pandan 1tetes, mixer hingga kental berjejak, siap digunakan utk topping
🤍sajikan dingin lebih nikmat, selamat mencoba

Rupanya membuat dessert sendiri sangatlah mudah dan menyenangkan. Berkreasi dengan bentuk – bentuk yang unik dan lucu juga menjadi salah satu keunggulan yang dapat kita rasakan dalam membuat dessert. Bahan dari panacotta matcha pandan sangat mudah sekali dan dapat anda temukan dimana – mana. Sekarang makan dessert bisa langsung bikin sendiri nih di rumah!