Tag: resep masakan

Kreasi Beberapa Menu Makanan Lezat untuk Keluarga Anda

Udang bakar oven

8 ekor udang macan belah punggung jangan putus

3 siung bawang putih haluskan
3 sdm saos tiram
1 dm kecap inggris
Kecap manis dikit aja
Gula
Kaldu jamur
Garam bila perlu
Lada

Campur semua bahan aduk rata masukan bumbu2nya ke dalam punggung udang diamkan 1 jam
Baru bakar di oven api atas, api kecil sampai matang

Bisa langsung bakar ato pakai tusuk sate ya menurut selera aja.

Chasio bak

1/2 kg daging kapsim
1 tetes pewarna kue
2 sdm arak
1 sdt bumbu ngohiong
1 sdm saos tiram
1 sdm soy sauce
Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada
Campur jd satu aduk rata diamkan 1 malam di kulkas

Panaskan wajan masukan daging tuang air sampai daging nya kerendam setelah mendidih tes rasa, masak sampai airnya kering siram sedikit minyak masak sampai kering dan wangi dengan api kecil.

Sayur asin samcan angcau

Secukupnya daging samcan potong menurut selera
2 ikat sayur asin potong2
1 bh tahu kuning potong2 goreng bentar aja
2 ruas jahe iris
4 siung bawang putih keprek
Air secukupnya

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada
2 sdm saos tiram
2 sdm angcau

Tumis bawang putih dan jahe sampai wangi masukan daging samcan aduk rata sampai agak matang masukan sayur asin,tahu,air,penyedap, tes rasa masak sampai air agak menyusut angkat.

Masih punya sisa daging tenggiri 250 gr bikin otak otak goreng (gak punya daun) dan otak otak kukus
Gini aja enaaakkk beuuud
Bikinnya gak pake ribet moms

Otak otak goreng

250 gr ikan tenggiri setengah beku
1 butir putih telur
100 gr sagu cap tani
65 ml santan kara
3 kotak es batu bawaan kulkas
3 sdm santan + sejumput garam (ini untuk yg di piring kukus)
3 siung bawang putih
8 siung bawang kerah

1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Chopper duo bawang sisihkan.
Chopper es batu lalu masukan daging Chopper lagi sampai halus masukan garam, gula, kaldu jamur dan lada Chopper rata baru masukan santan kara dan putih telur Chopper lagi terakhir masukan sagu dan duo bawang Chopper biar rata angkat.
Siapkan piring tahan panas masukan 3 sdm santan + garam aduk rata baru masukan daging ikan ratakan kukus selama 30 menit angkat, hidang dengan sambel merah joss.

Kreasi Masakan Unik Agar Tidak Bosan untuk Menu Dirumah

Kari ayam ala mak foodies
Dengan bumbu sederhana kamu sudah bisa bikin masakan kari sendiri loh di rumah. Kalau tempe digoreng gak laku, tapi kalau di campur dengan kari kayak gini laris manis.

1/2 ekor ayam potong2
4 butir telur rebus
1/2 papan tempe potong kotak.

Bumbu halus :
4 cabe merah kriting (aku buang bijinya supaya anak bisa makan dan warna kari bagus)
20 grm lengkuas
6 bawang merah
3 bawang putih
1,5 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt terasi sangrai
2 butir kemiri

Air krg lebih 700cc
1,5 sdt penyedap jamur totele
2 sdt gula pasir
1,5 sdt Garam atau sesuai selera.
3 sdm Fibercream – pengganti santan

Tumis bumbu halus, masukan ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan air, masak hingga ayam empuk dengan api kecil.
Tambahkan tempe, telur, garam, gula, penyedap.
Masak lagi 5menit.
Terakhir masukan Fibercream aduk rata.
Masak 1menit lalu angkat.

Kalau makan ikan tenggiri kamu suka bagian kepala apa ekor ni ?
Kalau mamak suka bagian ekor di bakar kecap.

Bumbunya sederhana untuk 1/2kg ekor tenggiri.
5 bawang merah
3 bawang putih
1/2 jempol kencur
Lada bubuk dan garam secukupnya
Semua bumbu di haluskan dengan blender dan tambahkan minyak sayur secukupnya.
Balur ikan dengan bumbu halus diamkan 1jam di kulkas.
Lalu dibakar.
Campur sisa bumbu dengan sedikit margarin dan kecap manis.
Oleskan pd ikan sambil di bakar.
Bakar hinggga matang.
Untuk sambal saya pakai sambal cabe ijo ulek dr finnafood, edisi lagi males bikin sambal.

Pempek keriting gendut ala mak foodies
Cetakannya uda gak tau kemana jadi pakai cetakan mie aja.

Resep:
1kg daging ikan tenggiri
4 bawang putih
600ml air (kalau ikan tdk beku pakai air es)
600-650 grm sagu tani
25grm penyedap jamur
20grm garam. .

Masukan ikan (saya pakai ikan 1/2 beku) kedlm food procesor (cara dipotong2) lalu masukan air dan bawang putih. blen smp halus
Tuang diwadah tambahkan p.jamur aduk rata baru terakhir garam.
Aduk smp adonan mengikat
Terakhir masukan sagu ratakan dan dibentuk. (Jgn terlalu diulenin)

Menu Masak Hari Ini Mudah dan Sederhana Anti Repot

SAMBAL GORENG KENTANG
.1Kg kentang pot dadu goreng, jangan sampai garing supaya tidak keras
.12 cabe rawit utuhkan
.2btg dn bawang rajang
.7ati ayam tnp ampela, rebus dengan 5dn salam tiris, pot
.2ruas laos geprek
.5dn salam
.65ml santan kara
.50ml kaldu/air
.mnyk unt tumis
.1 papan pete kupas belah
.grm
.gulput
🥥bumbu uleg :
.4 baput cutting
.7 bamer
.12 cabe merah kriting

. 🥥cara :
.tumis bumbu uleg sampai harum, masukan salam, laos, air sampai mendidih, masukan ati ayam, grm, gulput, kentang, santan masak sampai kluar minyak, tes rasa, baru masukan rawit, pete, dn bwg

COAN COAN PINDANG
. 8 ekor pindang salem (belah, buang kepala, isi perut, tulang) goreng 1/2 matang
🌶 Bumbu iris :
. 250gr tomat ijo
. 10 cabe ijo besar . 5 cabe mrh kriting
. 3 baput cutting
. 7 bamer
🌶 Bumbu cemplung :
. 5dn jeruk buang tulangnya
. 4dn salam
. 2ruas jahe geprek
. 2ruas laos geprek
. 1btg sereh geprek
. 2sdm kcp ikan
. Kcp manis
. Garam
. Gulput
. Minyak untuk tumis
. Air secukupnya
🌶 Cara :
Tumis bumbu iris hingga matang kecuali tomat, masukan bumbu cemplung kecuali air, setelah harum baru masukan tomat, air, setelah mendidih masuk ikan, biarkan bumbu meresap tapi tidak asat dengan api sedang, tes rasa, angkat & sajikan

SAMBAL GORENG LABU SIAM
🌶Bahan :
. 200gr dg sapi presto iris
. 1bh Labu siam pot korek api
. 200gr kcg panjang potek
. 500ml santan peras
. 1lt kaldu sapi
🌶Bumbu ulek :
. 7 cabe merah kriting
. 3 baput cutting
. 7 bamer
🌶Bumbu cemplung :
. 4dn salam
. 2ruas laos geprek
. 7 cabe rawit
. Garam
. Gulput . Minyak untuk menumis
🌶Cara :
. Tumis bumbu ulek, masukan bumbu cemplung, bahan kecuali santan & rawit, setelah mendidih matang tuang santan, rawit & koreksi rasa

ASEM ASEM BUNCIS
🍄Bahan iris :
200gr dg sapi presto
200gr buncis
1bh labu siam
8bh belimbing sayur
1bh wortel
🍄Bumbu iris :
3 baput cutting
7 bamer
5 cabe ijo bsr
5 cabe mrh kriting
🍄Bumbu cemplung :
2ruas laos geprek
4lbr dn salam
Kecap mns
Kecap ikan
Grm
Gulput

2lt Kaldu sapi
Minyak unt tumis
🍄Cara :
* tumis bumbu iris sampai matang, masukan kaldu sampai mendidih, masukan semua bumbu cemplung & bahan iris sampai matang, tes rasa

Ide Masakan Mudah dan Simple Tapi Enak

Persiapan untuk makan siang bikin gado – gado. Kemarin sambal pecel nya masih banyak jadi saya olah lagi jadi bumbu gado – gado.. Ini gado-gado versi Solo ya tapi ngga pake emping & krupuk merah karena ngga punya saya ganti dengan kerupuk bawang, Minus tomat merah juga yak kelupaan belum kefoto

GADO – GADO

. Bahan :
. 1 papan tempe, potong dadu – goreng
. 10 kotak tahu putih, potong dadu – goreng
. 200gr buncis, kukus – potong 3 cm
. Wotel, kukus & kupas – potong 3cm
. Kentang, kukus & kupas – potong bulat
. 4btr telur rebus – potong bulat
. 3bh tomat merah – potong bulat

. Bumbu :
. 300gr bumbu pecel
. 65ml santan kara
. 1 batang serai – geprek
. 75ml air putih

. Pelengkap :
. Emping goreng – remas (me, skip)
. Krupuk udang goreng – remas
. Krupuk merah goreng – remas
. Bawang goreng

. Cara :
. Rebus semua bumbu, terakhir masukkan santan
. Tata di piring bahan2 secukupnya, tambahkan pelengkap lalu siram dengan bumbu
. Sajikan

SAMBAL PECEL

. Bahan :
. 400gr Kacang tanah goreng/sangrai ( yg masih ada kulit ari)
. 400gr gula merah/sesuai selera(pilih yg tdk keras)
. 5sdt garam / sesuai selera
. 15lbr daun jeruk ( buang tulangnya)
. Penyedap secukupnya
. 20gr kencur
. 1bngks plastik kecil asam jawa(buang bijinya)

. Bumbu goreng :
. 30gr baput
. 30gr bamer
. 7 rawit merah/sesuai selera ya
. 7 cabe merah kriting ( me skip habis)

. Cara :
. Blender kacang sisihkan
. Uleg bumbu goreng, kencur, garam, penyedap, daun jeruk, asam jawa sisihkan
. Haluskan gula merah sisihkan
. Aduk merata semuanya. Tes rasa

GULAI

. Bahan :
. 7 butir telur ayam rebus – kupas
. 1/2 dada – potong 4 (kucuri jeruk nipis)
. 10 kotak kecil tahu putih
. 1750ml air putih
. 2bgks santan kara 65ml
. Bumbu uleg :
. 4 baput kating
. 9 bamer
. 4 kemiri – sangrai
. Garam secukupnya
. Sejempol jahe
. Setelunjuk kunyit – bakar
. 4 Cabe merah besar

. Bumbu cemplung :
. 2lbr daun kunyit
. 7lbr daun jeruk
. 4lbr daun salam
. 4 kapulaga
. 1 bunga lawang
. 1 asam kandis
. 1/2 sdt ladaku
. Seruas laos
. 2btg serai
. 1sdt gulpas
. 2sdt kaldu jamur

. Cara :
. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan bumbu cemplung dan air. Tutup hingga mendidih dan wangi
. Masukkan ayam, telur, tahu tutup lagi sampai ayam matang
. Tuang santan, kecilkan api. Biarkan sampai bumbu meresap
. Sajikan

Ide Menu Harian Rumah Anda Hari Ini

Masakan rumahan yg sederhana tapi gk pernah ngebosenin, pengen masak ini itu tpi menunya ya balik ke itu lgi itu lgi, ada yg begitu gk???

List baking minggu ini jg sudah listed tapi moodnya belum muncul2 hingga Jumat ini, jdilah libur hari ini, masak lauk ini saja plus rebahan cantik.

“ Sambal Ikan Pindang”

Bahannya:
2 ekor ikan pindang
10 butir bawang merah , potong agak tebal (jumlah sesuaikan selera, makin banyak makin enak)
2 buah tomat ( potong dadu)
Secukupnya garam, gulpas & bubuk kaldu jamur

Bumbu Halus:
3 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah kriting
5 buah cabai rawit
6 siung bawang putih

Cara Memasak:
– Goreng ikan hingga matang, kemudian suir2, sisihkan
-Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan potongan bawmer tumis hingga layu, disusul masukkan tomat, aduk rata
-Masukkan suiran ikan , bumbui dgn garam, gulpas & kaldu jamur, koreksi rasa, jika sudah tercampur rata, angkat & siap disajikan.

=AYAM KECAP=

Bahan:

1/4 kg daging ayam (me:bagian paha, potong2)
1/2 bagian bawang bombay
1 ruas jahe geprek
1 batang bawang pre
1 buah cabai merah besar potong serong
1 buah cabai rawit
3 siung bawang putih haluskan
2- 3 sdm kecap manis
1 sdm saos tomat
1 sdm saos sambal
1 sdt saos tiram
Kaldu jamur bubuk
Secukupnya air

Cara Memasak:
🍗Tumis bawang putih halus, bawang bombay & jahe hingga harum
🍗Tambahkan air putih, masukkan daging ayam, cabai, kaldu jamur & bahan cair / saos2n lainnya
🍗Masak hingga air menyusut dan ayam matang, terakhir tambahkan potongan bawang pre, koreksi rasa
🍗Siap disajikan

Mudah sekali bukan ide resep hari ini. Anda bisa dengan cepat menghidangkan makanan yang sangat lezat dengan menggunakan bahan – bahan yang mudah. Apabila anda tidak sempat ke pasar atau supermarket pun anda bisa memesan bahan makanan lewat aplikasi online. Bahan makanan tersebut akan diantar ke rumah anda dan langsung di masak. Membuat makanan sendiri di rumah apalagi saat PPKM adalah ide yang bagus karena pasti lebih fresh dan higienis. Selamat mencoba ya !