Tag: makanan

Alasan Menjauhi Gorengan Selaku Santapan Sahur Serta Berbuka

Makan gorengan buat berbuka memanglah terasa nikmat. Tetapi, perihal tersebut nyatanya memunculkan bahaya kesehatan. The Primary Health Care Corporation (PHCC) menganjurkan mereka yang berpuasa supaya tidak komsumsi gorengan. Karena, gorengan masuk dalam jenis santapan tidak sehat. Pola makan tidak sehat sepanjang ramadhan dapat menimbulkan kendala pencernaan, sakit perut, mulas, kembung, bersendawa, mual, menyusutnya tenaga, serta peningkatan berat tubuh. Di sisi lain, gorengan memiliki natrium serta karbohidrat yang besar. Komsumsi gorengan tiap hari dapat merendahkan tenaga. Dampaknya, kita jadi lemas dikala berpuasa.

Secara rincin, berikut alibi kenapa Kamu wajib menjauhi gorengan selaku santapan sahur serta berbuka:

Besar Kalori

Gorengan umumnya dimasak dengan minyak yang banyak. Metode pengolahan ini hendak meningkatkan banyak kalori pada santapan. Tidak hanya itu, gorengan umumnya dibuat dari tepung yang pula kaya kalori serta lemak. Misalnya, satu jatah kentang panggang umumnya memiliki 93 kalori serta 0 gr lemak. Bila digoreng, kalori di dalamnya jadi 319 kalori serta 17 gr lemak.

Besar Lemak Trans

Santapan yang digoreng dimasak dengan minyak pada temperatur yang sangat besar. Proses ini hendak merangsang pembuatan lemak trans. Tidak hanya itu, santapan yang digoreng kerap kali dimasak dengan minyak sayur yang sudah diproses serta memiliki lemak trans saat sebelum dipanaskan. Pastinya, metode ini hendak membuat gorengan jadi santapan yang besar lemak trans di dalamnya. Sementara itu, lemak trans pula berhubungan dengan kenaikan resiko banyak penyakit, tercantum penyakit jantung, kanker, diabet serta kegemukan.

Memiliki Akrilamida

Akrilamida merupakan zat beracun yang bisa tercipta dalam santapan sepanjang memasak dengan temperatur besar, semacam menggoreng ataupun memanggang. Zat ini dibangun oleh respon kimia antara gula serta asam amino yang diucap asparagine. Santapan bertepung semacam produk kentang goreng, ketahui isi, donat, ataupun bakwan, mempunyai konsentrasi akrilamida yang lebih besar. Bila disantap, hingga resiko kita hadapi kanker hendak terus menjadi besar pula. Akrilamida pada santapan pula dapat merangsang kendala ginjal, kanker endometrium serta ovarium.

Resep Membuat Gorengan Bakwan yang Sehat dan Enak di Rumah

Gorengan Bakwan merupakan jajanan khas Indonesia yang tentunya sangat dikenal dan mudah dijumpai diberbagai pedagang yang menjual makanan, sejatinya gorengan bakwan bukan hanya tersedia dipenjual gorengan saja karena terkadang bakwan justru disediakan juga di jajanan lainnya.

Namun jajanan yang sangat disenangi ini ternyata merupakan makanan yang kurang sehat dan kurang baik bagi tubuh karena mengandung banyak lemak dan minyak, hal ini lah yang menjadikan landasan awal untuk membuat resep membuat bakwan yang tetap sehat untuk tubuh.

Tips Dalam Menggoreng Makanan Agar Tetap Sehat

Jajanan bakwan sendiri biasanya akan digoreng menggunakan minyak kelapa sawit yang tentu akan membuat makanan menjadi renyah dan garing, namun kandungan didalam makanan yang digoreng tentu banyak mengandung lemak dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Terlebih lagi dengan penambahan bumbu seperti garam dan gula dapat berdampak buruk karena dapat memicu penyakit kolesterol dan membuat berat badan tidak normal, namun untuk tetap dapat menikmati kenikmatan dari bakwan bisa mengikuti beberapa tips dalam mengolah bakwan menjadi makanan sehat.

1. Gunakan minyak goreng dengan kualitas terbaik
Pilihan yang paling sering digunakan untuk menggoreng makanan adalah jenis minyak sayur yang sebenarnya minyak tersebut kurang baik, untuk menjadikan makanan menjadi lebih sehat dapat menggunakan jenis minyak goreng lainnya seperti minyak Zaitun, minyak kacang kedelai, atau minyak jenis lainnya.

2. Menggunakan peralatan masak yang bersih dan higienis
Kebersihan dalam membuat makanan sehat tentu bukan berasal dari bahan makanan saja yang harus dijaga kebersihan dan kehigienisannya, peralatan masak yang digunakan tentu harus dijaga kualitas dan kebersihannya agar makanan yang disajikan lebih maksimal kesehatannya.

3. Suhu minyak dan tingkat kematangan yang pas
Banyak orang yang salah dalam menggoreng makanan menggunakan minyak karena biasanya orang-orang menggoreng makanan saat suhu minyak sangat panas yang ditandai dengan munculnya asap, hal ini tentu cara yang salah karena minyak goreng yang menimbulkan asap justru sudah berkurang kualitasnya.

Alangkah lebih baik masukan makanan yang akan digoreng di minyak yang suhunya stabil dan dengan keadaan panas yang normal agar tetap terjaga kualitasnya, lalu perhatikan juga kematangan makanan dan sebaiknya goreng lah suatu makanan hingga bagian luar terlihat cokelat keemasan dan jangan sampai berwarna cokelat kehitaman.

Berikut Resep Bakwan Sayur atau Bakwan Jagung yang Sehat

Sayuran atau jagung pada isi bakwan tentu dapat melengkapi serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh selain karbohidrat yang terkandung didalam tepung, resepnya pun terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Berikut resepnya,

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat bakwan sayur :
~ 200 gram tepung terigu
~ 100 gram kol yang sudah di iris halus
~ 100 gram buncis yang sudah di iris halus
~ 1 buah wortel yang sudah di iris halus
~ 1 butir telur
~ 1 batang daun bawang yang sudah di iris halus
~ 5 siung bawang merah dan 3 batang daun bawang (bagian putih) dan ½ sendok merica dan tumbuk halus

Aduk semua bahan sampai tercampur merata lalu goreng dengan ukuran sesuai selera, jika sudah matang bisa disajikan dengan tambahan sambal atau cabe rawit agar menambah cita rasa.

Untuk membuat bakwan jagung sendiri terbilang mirip hanya saja, kontimen sayurannya dapat diganti dengan jagung pipil manis sebanyak 300 gram.

6 Makanan Khas Daerah di Indonesia Beserta Asalnya

Makanan khas daerah di Indonesia sudah dikenal akan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Setiap daerah mempunyai makanan khasnya masing-masing yang memiliki cita rasa dengan keunikannya sendiri. Daerah-daerah yang ada di Indonesia mempunyai lebih dari satu makanan khas yang enak dan wajib sekali anda coba.

Melihat dari fakta, tidak heran jika kuliner Indonesia dapat terkenal di seluruh dunia. Hal ini tak terlepas dari bumbu rempah-rempah yang digunakan sehari-hari untuk berbagai jenis hidangan makanan. Menjelajahi kuliner menjelajahi wisata yang menarik tentunya.

Makanan khas daerah di Indonesia dapat anda coba pada daerahnya langsung. Setiap daerah mempunyai makanan khas masing-masing dengan berbagai cita rasa. Menggunakan bahan dan rempah-rempah dari hasil alam sendiri, tidak heran jika makanan Indonesia dikenal diseluruh dunia.

Berikut ini makanan khas daerah:

Makanan khas Indonesia Bagian Barat

Mie Aceh

Makanan Khas Daerah Aceh berikut ini mempunyai tekstur yang tebal dan dicampur menggunakan irisan daging dan bumbu-bumbu rempah yang sangat kuat. Mie Aceh yang biasa disajikan dengan cara digoreng, direbus dan juga ditumis. Selain itu juga dapat disajikan menggunakan tambahan seafood seperti kepiting, udang dan cumi.

Bika Ambon

Meskipun namanya Bika Ambon, tetapi makanan ini bukan berasal dari Ambon. Kue ini berasal dari Sumatera Utaraa dan biasanya banyak dijual di Kota Medan untuk oleh-oleh. Kue ini memiliki warna kuning dan tekstur yang lembut dan manis.

Makanan Khas Indonesia di Pulau Jawa dan Bali

Sate Bandeng

Sate Bandeng yaitu makanan khas Indonesia yang berasal dari Banten yang terbuat dari ikan bandeng. Keistimewaa dari sate ini yaitu tidak mempunyai duri dan tekstur dengan daging yang empuk.

Kerak Telor

Makanan khas Indonesia yang sudah cukup terkenal yaitu kerak telur. Pasti anda telah tak asing dengan makanan jenis ini yang sudah sering ditemui di Jakarta ini.

Makanan Khas Indonesia di Pulai Kalimantan

Kerupuk Basah

Meskipun namanya kerupuk, anda tidak akan menemukan rasa yang renyah yang berasal dari kerupuk yang menjadi makanan khas dari Indonesia dari Kalimantan Barat satu ini. Kerupuk basah yang tampak seperti otak-otak yang dapat dimakan langsung dengan dicocolkan dengan saus kacang yang bisa membuat rasanya semakin lezat.

Soto Banjar

Soto Banjar menjadi makanan khas Indonesia yang berasal dari Kalimantan Selatan. Soto Banjar yang disajikan dengan daging ayam yang dicampur menggunakan bumbu rempah biasanya sudah ditambahkan dengan perkedel dan kentang rebus.

 

Beragam Hidangan Indonesia yang Terkenal

Masakan Indonesia menjadi salah satu tradisi kuliner paling kaya di dunia, dan memiliki banyak cita rasa yang sangat pekat. Kekayaan dengan jenis masakannya menjadi cermin dari keberagaman budaya dan juga tradisi Nusantara yang sudah berdiri setara 6.000 pulau yang berpenghuni, dan juga menjadi peran penting pada budaya nasional Indonesia pada umumnya. Hampir pada seluruh masakan Indonesia kaya akan bumbu yang berasal dari rempah-rempah dan gula aren dan di ikuti dengan penggunaan teknik masak berdasarkan bahan yang digunakan, dan tradisi-adat yang memiliki yang mempengaruhi bersama dengan perdagangan yang berasal dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.

Dengan dasarnya tak ada satu bentuk tunggal “masakan Indonesia”, akan tetapi lebih menonjol ke keanekaragaman masakan pada daerah yang telah dipengaruhi pada lokal dengan kebudayaan Indonesia lalu dengan pengaruh asing. Contoh, beras yang diolah menjadi nasi putih, lontong dan ketupat dengan makanan pokok untuk mayoritas pada penduduk di Indonesia, akan tetapi pada bagian timur yang pada umumnya lebih konsumsi sagu, jagung, dan ubi jalar. Pada penyajian pada umumnya sebagian besar makanan Indonesia dengan makanan pokok menggunakan lauk pauk dengan daging, ikan pada sisi piring.

Makanan Sumatera, contohnya seperti sering menggunakan tampilan dari Timur Tengah dan juga India dengan penggunaan bumbu kari dengan hidangan daging, dan sayuran, sementara pada masakan Jawa juga berkembang dengan teknik memaksa asli Nusantara. Pada unsurnya budaya pada masakan Cina bisa dicermati dengan beberapa masakan Indonesia.

Makanan Indonesia pada umumnya telah dimakan menggunakan kombinasi seperti alat makan sendok dengan menggunakan tangan kanan, dan garpu pada tangan kiri, walaupun begitu pada sebagian wilayah juga lazim menyantap makan langsung menggunakan tangan kosong.

Restoran dan rumah tangga dengan lazim telah menggunakan tangan untuk makan seperti restoran tradisional Sunda dan Padang. Tempat ini biasanya telah menyajikan air kobokan dengan irisan jeruk nipis sebagai pencuci tangan untuk memberikan aroma yang segar.

Sumpit menjadi alat makan yang lazim yang ditemukan pada restoran yang telah menyajikan masakan Cina yang sudah tercampur pada masakan Indonesia yaitu bakmi atau mi ayam yang menggunakan pangsit, kwetiau goreng dan mi goreng.

5 Tips dan Porsi Makan Malam saat Diet

Makan malam yang berlebihan yang sering dikaitkan pada potensi penambahan berat badan. Begitu juga dengan rencana diet agar dapat menurunkan berat badan menjadi gagal.

Tetapi, anda tidak perlu khawatir. Beberapa tips diet berikut ini bisa anda coba disaat makan malam, dengan porsi makan malam diet anda yan dapat anda coba.

Kebanyakan orang menghindari makan malam sebab ketakutan akan berat badan yang bertambah. Padahal, untuk menurunkan berat badan bukan berarti anda harus melewati waktu makan malam. Sarapan, makan siang dan juga makan malam menjadi bagian penting untuk diet.

Makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh juga termasuk lemak jika tidak berhasil dibakar. Risiko ini sering muncul pada saat anda makan malam.

Sesudah makan malam, banyak orang yang harus memilih beristirahat lalu tidur, dengan tingkatnya aktivitas pada fisik yang menjadi sangat rendah. Wajar saja jika banyak orang akan takut yang dimakan akan menjadi simpanan untuk lemak.

Tips Makan Mala untuk Diet

Ketika anda makan berdekatan dengan jam tidur anda juga bisa menyebabkan tingkatan gula darah menjadi meningkat, dan pada akhirnya akan membuat anda menjadi kesulitan untuk tidur. Kendala ini dapat menjadi risiko bertambahnya berat badan anda.

Ada beberapa tips makan malam pada saat diet yang dapat membantu program untuk menurunkan berat badan anda:

1. Makan Porsi Ringan

Makanan yang terakhir dari satu hari yang harus menjadi makanan yang paling ringan. Hal ini bisa dilakukan agar tidak terlalu banyak kalori yang dibakar pada saat melakukan aktivitas fisik yang rendah pada saat malam hari.

2. Beri Jarak Waktu Makan dan Tidur

Jangan terlalu malam untuk menyantap makan dimalam hari. Berilah jarak diantara 2-3 jam antara waktu makan dan tidur.

Jika terlalu dekat dengan jam tidur bisa menganggu ritme sirkadian, yang akhirnya bisa mendorong anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat pada malam hari.

3. Memulai dengan Salad

Para ahli mengatakan, disaat anda memulai makan malam menggunakan salad yang bisa membantu anda menurunkan berat badan.

Ketika anda memulai menggunakan salad yang membantu untuk menjaga kadar gula darah untuk stabil dan membuat anda akan merasakan kenyang yang lebih lama.

4. Konsumsi Makanan Kaya Akan Serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat bukan berarti lebih dari sedikit kalori, tetapi juga bisa membantu anda menurunkan berat badan. Serat bisa membuat timbulkan perasaan yang kenyang dan tahan lama.

5. Batasi Penggunaan Garam

Faktor lainnya untuk mempengaruhi hidrasi yaitu garam. Maka itu menjadi hal penting ketika memasak menu makan malam gunakan garam yang lebih sedikit.

6 Makanan Sehat Dapat Berubah Menjadi Jahat di dalam Tubuh

Ada yang mengatakan jika apapun yang berlebihan tidak baik. Ini juga berlaku pada buah-buahan dan sayuran yang menjadi makanan sehat.

Tanpa disadari, dari deretan makanan yang sehat ini ternyata dapat sama bahayanya dengan makanan yang tinggi akan gula dan garam, dan dapat memberikan efek buruk untuk tubuh. Yang diantaranya bisa membuat gangguan pencernaan, peningkatan gula darah, sampai dengan kekurangan zat gizi.

Berikut ini 5 makanan sehat yang bisa membahayakan dari teman menjadi musuh.

1. Pisang

Pisang menjadi buah yang telah dikenal sebagai sumber karbohidrat dan vitamin A. Tetapi, makanan yang terlalu banyak mengonsumsi pisang juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi.

Buah ini dapat menghasilkan bakteri yang dapat merusak enamel gigi. Jadi anda mungkin dapat mengalami sakit kepala yang disebabkan karena pisang yang matang karena mengandung tyramine yang tinggi bisa memicu migrain.

2. Oat

Melahap oat dengan berlebihan dapat memungkin untuk anda mengalami masalah kembung dan buang air besar.

Oat juga bisa membatasi dari penyerapan kalsium, magnesium dan juga seng. Dapat juga membuat bertambahnya berat badan.

3. Keju

Selain bisa membuat jerawat tumbuh, saat anda mengonsumsi keju bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Ini karena dari jenis makanan yang tinggi akan lemak jenuh dikenal dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

4. Nasi

Walaupun nasi memiliki rasa yang enak dan menjadi makanan pokok untuk masyarakat Indonesia, kandungan vitamin yang ada di dalamnya tampak sedikit.

Nasi bisa hilangkan vitamin yang berasal dari lauk dan sayur yang anda kunyah. Dapat membuat tingkatan insulin anda menjadi melonjak.

Lebih mengkhawatirkan lagi jika nasi bisa membuat kinerja mental anda menjadi lebih buruk dikarenakan paparan arsenik tingkat rendah.

5. Brokoli

Brokoli yang mengandung tiosianat bisa menyebabkan produksi hormon tiroid yang berlebihan. Maka itu anda mungkin akan alami kerontokan rambut, wajah yang kembung dan juga konsekuensi yang lainnya.

Brokoli juga bisa membuat hidung menjadi tersumbat dan bisa memicu alergi lainnya seperti ruam pada kulit dan gatal-gatal.

6. Blueberry

Blueberry yang dikatakan bisa menurunkan glukosa darah di bawah normal yang bisa membahayakan untuk para penderita diabetes. Buah ini bisa mengencerkan darah, jadi anda berhati-hati terutama ketika anda minum pil apapun itu. Blueberry bisa menggangu ketika anda sedang pengobatan.

 

Kuliner Terbaik di Bali dan Resep Makanan Lezat

BUKAN BAKSO KOPONG

Gak jd kopong gaes, gara2 minyaknya berbusa.
Serba salah mau mainin api, yg ada busanya tambah banyak. Setelah sekian lama menggoreng akhirnya aku pindah ke wajan dgn minyak baru lagi. Tetep ada busa walau gak separah yg pertama.
Ada yg tau kira2 kenapa minyak sampai busanya parah ? Uda kayak lava
gunung merapi.

Kalau karena telur, selama ini jg goreng adonan yg ada telurnya, tapi aman2 aja.
Kalau ada baking powder, tapi pakek nya dikit banget lo hanya 1/4sdt dan dulu2 juga aman2 aja.
Kalau minyaknya jelek, ini aku pakai minyak baru buka kemasan.

PUNYA JAGUNG DI RUMAH ?
Bikin ini aja endul.
Makannya gak mau berenti

resepnya Cireng jagung ala aku ya.

1buang jagung manis muda ukuran besar diserut
2 bawang merah
3 bawang putih
100cc air
1/2 sdt lada bubuk
1,5sdt garam
1sdt kaldu jamur
2 batang daun bawang
350-400gr tepung sagu

Resto Bali

Bali merupakan kota yang memiliki banyak sekali cafe instagrammable yang memukau. Aku seneng banget kalau udah sampai di Bali karena bisa hunting cafe – cafe dan resto lucu. Salah satunya adalah Fat Mermaid Bali yang memiliki makanan serta minuman yang sangat lezat.

Cute resto in Canggu area. Aku senang sekali makan di fat mermaid Bali, selain interior yang cute dan bagus untuk foto-foto, makanannya juga enak-enak! Kalau dilihat dari porsinya yang besar harganya jadi affordable deh ini. Paling favorit sih Choco Explosion, chocolate lava cake pakai mix berry compote yang luar biasa enaaaakk.

Sekitar satu jam perjalanan dari Ubud, kalian bisa menikmati air terjun Tukad Cepung ini. Aku selalu suka eksplor areanya, walaupun trek naik turunnya lumayan. Nah kalau datang di waktu dan musim yang pas bisa lihat cahaya yang tembus ke dalam goa ini, cantik banget. Tapi kalau lagi hujan seperti sekarang ya agak susah dapatnya. By the way kalau ke sini pakai alas kaki yang nyaman ya.