Sejuta Manfaat Pohon Kelapa yang Jarang Diketahui

Mar 16, 2022 Informasi Unik
Pohon Kelapa

Pohon Kelapa Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang ke-3 di Dunia. Dengan banyaknya pesisir pantai di seluruh penjuru Indonesia membuat pohon yang dijuluki sejuta kegunaan ini bebas tumbuh. Pohon kelapa yang bisa tumbuh hingga mencapai 30 meter ini merupakan tanaman yang sangat serba guna. Mulai dari ujung daun hingga ujung akar bisa digunakan dalam berbagai keperluan hingga dijadikan hidangan yang lezat.

Lantas apa saja kegunaan dan manfaat dari pohon kelapa yang banyak dijumpai diberbagai sudut Indonesia ini?. Berikut penjelasannya :

Sejuta Manfaat Pohon Kelapa yang Sering Dianggap Sepele

1. Daging dari Buah Kelapa

Daging dari Buah Kelapa

Membicarakan mengenai buah kelapa, pasti selalu terbayang dengan airnya yang segar dan buahnya yang putih bersih. Kali ini kita akan membahas dari daging buah kelapa yang memiliki kandungan nutrisi dan serat.

Daging kelapa sendiri kaya akan kandungan antioksidan, mineral, vitamin, serat. Kandungan tersebutlah yang membuat daging dari buah kelapa sangat baik bagi tubuh serta pencernaan. Daging dari buah kelapa sendiri juga berguna dalam meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh.

2. Air Kelapa yang Segar

Air dari Buah Kelapa

Air yang terkandung didalam buah kelapa sendiri sangat baik begi tubuh karena memiliki banyak kandungan yang baik. Selain untuk menghilangkan rasa dahaga, air kelapa juga baik dalam menurunkan kandungan radikal bebas dalam tubuh. Terlebih lagi manis yang terkandung merupakan kandungan yang baik dalam menurunkan kadar gula darah tinggi pada tubuh.

Tidak hanya baik dalam menangani gula darah tinggi dan melawan radikal bebas pada tubuh. Air kelapa segar juga dapat mengurangi resiko terkena masalah pada jantung dan juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

3. Daun dari Pohon Kelapa

Kerajinan Tas dari Daun Kelapa

Daun kelapa yang biasa dimanfaatkan dalam pembuatan ketupat ternyata dapat juga digunakan untuk hal lain. Daun yang panjang membuatnya sangat mudah untuk di anyam menjadi beragam kerajinan tangan. Biasanya juga daun kelapa dimanfaatkan menjadi atap rumah yang tentu masih banyak digunakan di berbagai daerah.

Selain daunnya yang bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan atau bahkan atap rumah. Batang kecil pada daun pohon kelapa juga bisa dimanfaatkan menjadi sapu lidi yang tentu sering kita jumpai.

4. Batang Pohon Kelapa

Papan dari Kayu Pohon Kelapa

Kayu yang didapatkan dari batang pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan menjadi beragam kegunaan dalam pembangunan. Biasanya digunakan dalam membuat dinding rumah, jembatan, tempat duduk, meja, atau masih banyak lagi.

Hal ini tentu menjadikan setiap bagian dari pohon kelapa tidak ada yang terbuang sia-sia. Karena hal tersebut menjadikan pohon kelapa dijuluki juga sebagai pohon sejuta kegunaan dan manfaat.

5. Batok dari Buah Kelapa

Kerajinan dari Batok Kelapa

Biasanya batok atau cangkang dari buah kelapa akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar seperti arang. Bahan bakar arang yang dibuat dari cangkang buah kelapa diketahui lebih bertahan lama dibandingkan arang kayu.

Selain dijadikan bahan bakar, ternyata banyak juga kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar batok kelapa. Seperti misalnya mangkuk, sendok, gantungan kunci atau masih banyak lagi kerajinan tangan dari cangkanng kelapa.

6. Akar dari Pohon Kelapa

Akar Pohon Kelapa

Tidak semua tumbuhan yang memiliki akar dapat berguna dan biasanya akan terbuang sia-sia. Namun berbeda dengan pohon kelapa yang memiliki julukan pohon dengan sejuta manfaat ini. Akar dari pohon kelapa tentu dapat dimanfaatkan juga menjadi obat-obatan herbal yang baik untuk kesehatan.

Selain berguna menjadi obat herbal alami, akar pohon juga sangat baik dan berguna layaknya pohon bakau. Akarnya yang kuat berguna untuk mencegah erosi atau abrasi di pesisir pantai yang berguna untuk lingkungan. Pohon kelapa juga sangat baik dan berguna untuk dijadikan pemecah ombak karena memiliki akar yang kuat didalam tanah.

By admin