Rupanya Konsumsi Sambal Baik untuk Tubuh

Salah satu penambah nafsu makan, sambal. Terkadang saya bikin stok sambal, kalau lagi ngga males😁. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera ya. Jika ingin tidak terlalu pedas, cabenya bisa dikurangi. Kalau masaknya sampai tanak, sambal ini bisa awet berhari-hari di suhu ruang, apalagi kalau dimasukkan ke kulkas, bisa lebih awet lagi. Kalau dimasukkan ke kulkas biasanya minyaknya jadi beku ya, jadi harus didiamkan dulu di suhu ruang agar minyaknya mencair baru dikonsumsi. Kalau untuk dimasukkan ke kulkas, saya lebih suka pakai minyak jagung, selain lebih sehat, minyaknya juga tidak akan beku. Selamat mencoba😍.

SAMBAL BAWANG

Resep Sahur Praktis Sambal Bawang Bu Rudy ala Devina Hermawan, Enak dan  Tahan Lama - Portal Jember

Bahan:
100 gr cabe rawit
50 gr cabe merah
150 gr bawang merah
3 siung bawang putih
Garam, gula pasir & kaldu bubuk secukupnya
Sedikit terasi (opsional)
50 ml air
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
Tumbuk kasar cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih & terasi. Lalu tumis sampai setengah matang, beri sedikit air, aduk-aduk. Masak sampai tanak & air menyusut.

Ternyata mudah sekali ya membuat sambal bawang sendiri di rumah. Tingkat kepedasan juga dapat diatur sebagaimana keinginan sehingga akan lebih cocok dan nikmat ketika di santap. Rupanya sering mengonsumsi sambal memiliki banyak sekali keuntungan bagi tubuh loh :

  • Banyak Mengandung Vitamin
    Cabai mengandung banyak sekali vitamin yang terkandung di dalamnya seperti vitamin a dan vitamin c. Zat ini sangat berguna sekali bagi tubuh manusia apalagi menjaga kekebalan tubuh.
  • Menghilangkan Rasa Sakit
    Capsaicin merupakan salah satu zat yang terdapat di dalam cabai. Selain sebagai rasa pedas, zat satu ini juga dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit.
  • Menurunkan Berat Badan
    Memakan cabai dapat dijadikan sebagai salah satu aktifitas untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan proses oksidasi lemak menjadi lebih cepat sehingga membuat tubuh dapat menghancurkan lemak jenuh.
  • Mencegah Kanker
    Cabai juga memiliki zat yang sangat baik sekali bagi tubuh untuk mencegah kanker. Studi dari kasus ini sudah dipelajari dan dinyatakan benar oleh banyak ahli.

Apakah kamu salah satu pecinta cabai?