Pentingnya Nutrisi yang Wajib Ada di Menu Diet Sehat

Des 27, 2021 KESEHATAN

Menu diet sehat menjadi daftar makanan yang bergizi setara dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap harinya. Menu ini tidak hanya dikhususkan bagi anda yang menginginkan berat badan turun, akan tetapi juga semua orang pasti menginginkan hidup sehat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, menu diet sehat anda yang juga harus mendukung untuk nutrisi esensial yang diperlukan tubuh. Nutrisi esensial yang merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri untuk tubuh, maka itu harus anda penuhi bersama dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi itu.

Nutrisi esensial yang ada pada dalam menu diet dibagi menjadi dua jenis: yaitu makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien yang merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dengan jumlah yang besar agar bisa memberikan energi untuk tubuh. Makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein.

Maka itu, mikronutrien yang menjadi zat gizi yang dapat menunjang kinerja tubuh dan juga cukup untuk dikonsumsi pada jumlah yang kecil saja. Ini yang termasuk mikronutrien yaitu vitamin dan mineral.

Peran Penting Nutrisi yang Wajib ada pada Menu Diet Sehat

Untuk bisa mendukung kinerjanya, tubuh anda perlu diberikan asupan yang terdiri atas karbohidrat, lemak, protein, dan berbagai vitamin dan mineral dan air putih setiap harinya. Mengapa zat itu menjadi peran penting bagi tubuh? Ini adalah penjelasannya:

1. Karbohidrat

Sumber energi utama tubuh yang berasal dari karbohidrat. Otak juga bisa bekerja dengan maksimal ketika mendapatkan asupan yang cukup. Contoh karbohidrat yang baik yaitu makanan yang terbuat dari biji-bijian yang utuh, buah, sayuran dan juga kacang-kacangan.

Konsumsi karbohidrat yang seharusnya anda batasi yaitu, nasi putih, minuman buah yang kemasan, minuman soda, keripik kentang, kue-kue manis dan permen.

2. Protein

Zat ini yang menjadi sumber energi untuk tubuh. Asupan protein yang cukup dan penting pada pertumbuhan jaringan tubuh, untuk bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, serta bisa membantu tubuh sembuhkan dirinya sendiri.

Protein yang bisa anda temui pada telur, kedelai, keju dan kacang-kacangan.

3. Lemak

Makanan yang berlemak tak harus selalu anda hindari. Tubuh juga membutuhkan asupan lemak agar bisa menjaga struktur sel dan juga membantu jaringan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik, membatu produksi hormon dan juga untuk penyerapan vitamin pada tubuh.

Anda juga perlu membatasi saat mengonsumsi makanan berlemak supaya tidak menyebabkan kenaikan berat badan, dan tidak bisa meningkatkan risiko terkenanya penyakit jantung dan masalah kesehatan yang lainnya.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral yang bisa membantu organ-organ pada dalam tubuh yang menjalankan fungsinya. Vitamin yang biasa dibutuhkan pada tubuh yaitu A, B, C, D, E dan K.

Sementara itu mineral yang dibutuhkan pada tubuh yaitu kalsium, kalium, zic dan selenium.

5. Air

Cairan ini memang tidak mempunyai nutrisi, akan tetapi air dapat menghidrasi tubuh. Sekitar dari setengah dari komposisi tubuh pada manusia yang terdiri dari air. Selain dari air minum, anda dapat mendapatkan cairan yaitu dari makanan seperti buah dan juga sayuran.

By admin