Mengenali Indra Penciuman & Cara Menjaganya

Feb 13, 2022 KESEHATAN

Pada indra penciuman yang menjadi salah satu dari lima indra yang dipunyai manusia. Menjadi bagian dari sistem panca indra pada manusia, indra penciuman yang menjadi salah satu fungsi untuk bisa mendeteksi bau ataupun aroma. Kemampuan yang menghidu tersebut bisa terganggu ketika indra penciuman anda yang tidak dijaga dengan baik.

Dari setiap benda, makanan atau gas yang ada disekitar yang mempunyai struktur kimia yang unik. Pada saat zat kimia yang dari benda-benda itu yang terhirup atau penciuman, sel dari saraf sensoris yang khusus yang ada di dalam hidung yang disebut sebagai olfaktori yang bisa mendeteksi.

Sesudah itu, sel saraf yang ada pada hidung untuk meneruskan sinyal rangsangan pada otak agar bisa diinterpretasikan. Dari proses ini kita bisa mencium bau dan juga aroma-aroma lainnya.

Gangguan pada indra penciuman

Indra penciuman yang biasa kita gunakan sebagai pencium berbagai macam aroma dan bau, seperti, parfume, bunga, kopi dan rempah-rempah.

Ketika, kemampuan indra dari penciuman kita yang terkadang dapat menurun sampai bisa hilang sama sekali. Contoh ada beberapa jenis gangguan yang dapat terjadi pada indra penciuman:

– Hiposmia, seperti bisa menurunkan kemampuan dari mendeteksi bau
– Anosmia, seperti pada kondisi disaat indra penciuman hilang pada kemampuannya agar bisa mencium bau secara total
– Phantosmia, seperti pada saat seseorang yang mencium aroma itu yang sebenarnya tidak ada sama sekali. Contoh yang disebabkan karena halusinasi.

Berbagai Cara Agar Menjaga Indra Penciuman

Disaat indra penciuman anda terganggu, maka akan muncul berbagai gangguan pada kesehatan anda. Yang dimulai dari kesulitan atau tidak dapat bisa menikmati dari kelezatan makanan, sampai tidak dapat mendeteksi karena adanya gas atau zat bahaya yang tertentu.

Maka itu, kesehatan dari indra penciuman anda sangat penting untuk dijaga. Beberapa cara yang dapat anda lakukan agar bisa menjaga kesehatan pada indra penciuman anda, seperti:

1. Menghindari Pemicu Alergi

Disaat anda mengalami alergi pada hidung, rongga hidung anda juga akan meradang dan bengkak. Disaat hidung anda terlalu sering mengalami alergi, maka lama kelamaan fungsi indra pada penciuman anda akan teganggu.

2. Membersihkan Rumah dengan Rutin

Biasakan untuk membersihkan seluruh bagian rumah, terutama kamar tidur dan juga kamar mandi, setidaknya seminggu sekali.

Janga lupa juga untuk selalu menggunakan masker dan juga sarung tangan , yaitu ketika anda menggunakan pembersih yang ada kandungan bahan kimianya.

3. Menjaga Kualitas Udara

Udara pada dalam ruang rumah juga dijaga supaya tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan anda dan juga keluarga. Udara yang kotor bisa menyebabkan iritasi pada hidung.

By admin