Manfaat Minyak Jagung bagi Kesehatan Tubuh

Mar 19, 2022 KESEHATAN

Minyak jagung merupakan salah satu minyak nabati yang banyak digunakan untuk memasak terutama menggoreng .Selain untuk memasak, minyak jagung ini biasa di gunakan untuk bahan kosmetik.

Untuk menjadikan jagung menjadi olahan minyak jagung, jagung terlebih dahulu melalui proses pemurnian dan penyaringan hingga kandungan lemak jenuhnya tinggal sedikit dibandingkan dengan lemak tak jenuh.

Minyak jagung sangat bagus di gunakan untuk memasak dan sehat di bandingkan dengan minyak goreng dari kelapa sawit .

Menurut penelitan minyak jagung tidak mengandung kandungan protein dan karbohdrat semua nya terdiri dari 100 persen lemak .Berikut ini beberapa manfaat dari minyak jagung untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Menghalangi penyerapan kolesterol

Minyak jagung ini sangat cocok di konsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, Hal ini di karenakan minyak jagung minyak memiliki lemak yang bagus untuk kesehatan dan dapat digunakan sebgai alternatif asupan lemak.
Pada minyak jagung ada kandungan zat fitosterol yang dapat menghalangi penyerapan kolesterol jahat pada tubuh termasuk LDL

Hal ini di sebabkan adanya kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat tinggi pada minyak jagung.
Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak sehat yang dapat menurunkan kadar koleseterol dalam darah (LDL) dan lemak jahat dalam darah.

2. Menekan risiko terjadinya diabetes

Manfaat minyak ini juga bisa membantu anda dalam mengontrol kadar gula di dalam darah.Memiliki asam lemak tak jenuh yang dapat menjaga stabilitas tingkat insulin gula darah ,sehingga dapat mencegah terjadinya risiko diabetes
Bukan hanya itu ada kandungan lainnya yaitu asam linoleat yang dapat menghasilkan insulin di dalam tubuh.

3. Melindungi sel dari radikal bebas

Ada kandungan lainnya lagi yaitu kandungan Ubiquinone dan vitamin E yang bagus untuk tubuh.Zat ubiquinone merupakan suatu antioksidan yang memiliki peran dalam mencegah sel akibat radikal bebas.
Yang dimana dua zat tersebut mempunyai banyak manfaat untuk meningkatkan sistem imune tubuh, serta mencegah terjadinya gumpalan darah

4. Menjaga kesehatan jantung

minya dari jagung ini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung di karenakan ada kandungan nutrisi yang bagus jantung, contohnya vitamin E,pitosterol dan asam linoleat .
Vitamin E merupakan jenis antioksidan kuat, yang dapat mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas .

5. Cocok untuk kesehatan kulit

Ternyata minyak ini sangat bagus dan cocok untuk kesehatan kulit minyak jagung dapat digunakan sebagai minyak pijat untuk kulit. Ini mampu membuat kulit lebih cerah dan terlihat lebih sehat karena adanya vitamin E dan asam linoleat.

By admin