KEPUTIHAN

Jan 6, 2022 KESEHATAN

Keputihan merupakan suatu kondisi pada saat lendir atau cairan yang keluar dari vagina. Keputihan yang menjadi cara alami tubuh agar bisa menjaga kebersihan dan kelembapan pada organ kewanitaan. Disaat seorang wanita yang mengamai keputihan, cairan ini yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim yang keluar membawa sel mati dan bakteri, sampai vagina akan tetap terlindung dari infeksi.

Keputihan normal yang terjadi pada wanita yang masih menghadapi menstruasi. Ibu hamil yang mungkin akan lebih sering meng keputihan yang disebabkan karena perubahan hormon. Pada saat wanita yang telah memasuki masa menopause, yang baru keputihannya akan berkurang.

Anda bisa berhati-hati pada cairan keputihan yang mengalami perubahan warna, tekstur dan bau. Disaat kondisi ini bisa menjadi tanda keputihan yang tidak normal yang biasa disebabkan karena infeksi atau kelainan dari organ reproduksi pada wanita. Keputihan yang memiliki ciri seperti ini sering sekali menjadi salah satu tanda penyakit kelamin wanita.

Gejala Keputihan

Keputihan yang menjadi golongan normal yang bisa dilihat dari cairan yang keluar dengan tanda berikut ini:

– Tidak berwarna atau berwarna putih
– Tidak memiliki bau atau tidak menyengat
– Meninggalkan bekas kekuningan pada celana dalam
– Tektur cairan keputihan ini bisa berubah tergantung dari siklus menstruasi.

Untuk keputihan yang tidak normal bisa diketahui berikut ini:
– Cairan keputihan yang berbeda warna, bau, atau memiliki tekstur dari biasanya.
– Cairan keputihan yang keluar lebih banyak dibandingkan biasanya.
– Keluar darah sesudah berhubungan seksual

Keputihan yang tidak normal ini bisa disertai dengan keluhan:
– Gatal dibagian kewanitaan
– Nyeri pada panggul
– Rasa terbakar pada sekitar vagina

Penyebab Keputihan

Keputihan yang dialami pada semua wanita berbeda-beda, dimulai dari jumlah cairan yang keluar sampai dengan warna, tekstur pada cairan. Keputihan yang normal ini terjadi setidaknya pada 6 bulan sebelum seseorang wanita yang mengalami menstruasi pada pertama kalinya. Pada kondisi ini yang biasa dipengaruhi pada perubahan hormon pada dalam tubuh.

Pengobatan Keputihan

Keputihan yang masih tergolong normal yang tidak memerlukan penanganan medis dengan cara khusus. Pada kondisi ini bisa ditangani dengan cara untuk membersihkan area pada kewanitaan dengan rutin agar dapat menghilangkan lendir atau cairan.

Pencegah Keputihan

Langkah yang utama agar bisa mencegah keputihan yang tidak normal yaitu dengan menjaga kebersihan pada area kewanitaan untuk menghindari risiko infeksi.

By admin