Ini Dia Efek Konsumsi Micin dengan Berlebihan

Feb 1, 2022 KESEHATAN

Micin dapat membuat cita rasa makanan yang dikonsumsi menjadi lebih gurih dan enak. Walaupun, anda juga perlu membatasi mengonsumsinya, sebab jika dikonsumsi dengan berlebihan, micin bisa membawa efek buruk bagi kesehatan.

Seperti garam dan merica, dari penggunaan micin yang anda gunakan sebagai perasa rasa makanan sebenarnya aman-aman saja. Disaat, jika disarankan tidak dikonsumsi micin lebih dari 1,7 gram per hari untuk efek samping yang buruk dari mengonsumsi micin dapat anda hindari.

Mengenali Kandungan Micin pada Makanan

Micin banyak ditemukan pada makanan yang mengandung protein yang tinggi. Ada beberapa makanan yang mengandung micin alami seperti:

– Daging sapi
– Rumput laut
– Tomat
– Keju parmesan
– Kecap

Dikenal dengan sebutan MSG, micin yang memiliki beberapa nama lain, seperti sodium glutamate dan lain sebagainya. Jadi, ketika anda tercantum nama-nama itu di label makanan yang anda beli, maka makanan itu memiliki kandungan micin di dalamnya.

Beberapa jenis makanan yang pada umumnya mengandung micin merupakan makanan yang diolah atau kemasan, yaitu seperti daging kering, ekstrak daging, kaldu unggas kemasan, dan tepung kanji.

Dampak Negatif dari penggunaan Micin yang Berlebihan

Mengonsumsi micin yang dengan takaran 9,5-1,7 gram dari perhari yang pada umumnya tidak bisa menimbulkan efek samping. Disaat, lain ketika anda mengonsumsinya dengan berlebihan. Ada beberapa yang melaporkan dan para ahli telah klain jika penggunaan micin yang berlebihan bisa dapat menimbulkan hal yang negatif pada kesehatan, yaitu:

1. Chinese restaurant syndrome

Pada kondisi ini dapat terjadi pada saat anda telah mengonsumsi micin yang lebih dari 3 gram dalam per hari. Efek pada sindrom ini memiliki beraneka ragam, seperti mati rasa, kemerahan,kesemutan, jantung yang berdebar, nyeri pada dada, letih dan mengantuk.

2. Kerusakan sel saraf

Dari sejumlah penelitian yang telah mengatakan jika glutamat di MSG dosisi yang tinggi bisa berindak sebagai racun yang bisa menyebabkan kerusakan sel saraf. Ketika disebutkan jika MSG bisa membuat gangguan fungsi otak dan kerusakan dari berbagai organ.

3. Asma

Para penelitian juga telah membuktikan jika mengonsumsi micin yang berlebihan bisa menyebabkan asma, yang pada khususnya bagi yang sensitif pada MSG. Pada jumlah takaran yang bisa membuat asma merupakan banyaknya 3 gram pada sekali makan.

4. Obesitas dan kegemukan

Mengonsumsi micin dengan cara berlebihan juga bisa dipercaya membuat obesitas. Disaat penelitian ini yang perlu lagi diteliti lebih lanjut yang dikarenakan ada juga penelitian yang lain mengatakan jika micin bisa membuat efek kenyang yang lebih lama dan bisa membantu menjaga berat badan.

By admin