5 Cara Merawat Kuku agar Tidak Mudah Patah

Mempunyai kuku jari yang lentik sudah pasti menjadi idaman semua wanita. Telebih lagi jika mempercantik menggunakan riasan, menjadi salah satu tren kecantikan wanita. Akan tetapi, akankah anda mengatahui jika kuku yang terlalu sering diwarnai akan membuat kuku menjadi rapuh. Alhasil, ketika anda tidak melakukan perwarnaan, kuku asli akan tampak kusam dan menjadi tidak sehat.

Kuku jari yang terbuat dari lapisan protein yang biasa dikatakan keratin, sementara itu ketebalannya dan kekuatan kuku menjadi salah satu hal yang diwariskan. Pada sebagian orang yang mempunyai kuku yang rapuh dan juga mudah patah, akan tetapi ada juga yang mempunyai kuku yang sehat dan kuat.

Tips Merawat Kuku Supaya Tidak Mudah Patah

Ketika kondisi kuku rapuh ini dapat terjadi karena pertanda dari penyakit atau gangguan dari kesehatan. Penyebabnya sangatlah beragam yaitu salah satunya diakibatkan karena aplikasi pengecatan kuku. Berikut penyebab lainnya:

* Sering mencuci tangan menggunakan air hangat
* Kuku yang sering menggunakan bahan kimia seperti kuteks
* Cedera yang sering terjadi pada ujung kuku
* Tidak keringkan dengan benar ketika kuku sedang basah

Selain itu cara untuk membantu sehatkan dan menguatkan kuku tangan sebagai berikut:

1. Oleskan minyak zaitun

Jika anda ingin memanjangkan kuku akan tetapi berkendala karena kondisi kuku yang rapuh, anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Bahan alami yang mengandung zat yang berfungsi sebagai penguat kuku dan juga dapat lembutkan kutikula.

2. Gunakan growth serum

Anda tidak sulit untuk dapatkan serum agar bisa menunjang kesehatan kuku, salah satunya growth serum. Anda dapat mencoba oleskan ke permukaan kuku dan juga dibagian kutikula pada pagi hari setiap harinya agar memperkuat dan membuat kuku tidak mudah patah.

3. Jaga kuku agar tetap pendek

Telah dilansir jika kuku pendek, rapi dan terjaga menjadi sebuah peran pada kekuatan kuku itu sendiri. Memotong kuku dengan teratur tidak hanya membuat kuku menjadi tetap sehat, tetapi juga dapat menghindarkan resiko kuku yang mudah patah.

4. Stop cat kuku

Para ahli mengatakan jika cat kuku mengandung unsur-unsur kimia yang keras dan dapat merusak kuku. Disarankan agar tidak terlalu sering untuk warnai kuku.

5. Gunakan pelemab kuku

Cara agar atasi kuku yang mudah patah yaitu keadaan kuku yang kering. Cara supaya dapat atasi agar kuku menggunakan pelembab. Pelembab kuku biasanya dapat kurangi timbulnya keretakan dan pecah pada ujung kuku dan permukaan kuku.