Penulis Buku 69 Cara Traveling Gratis ke Luar Negeri

Jadi sekarang perbedaan prosedurnya begini (di-save ya?);
– Terbang di Jawa wajib tes swab antigen max 24 jam sebelumnya (di klinik yang sudah berafiliasi dengan Kemenkes) & sudah vaksin, semua harus sudah tercatat di aplikasi pedulilindungi.
– Sebelum masuk bandara harus verifikasi antigen & vaksin di mesin (slide 2) – eh tapi tadi mesinnya rusak dong!
– Pas check in di counter, tunjukkan pedulilindungi.
– GA pakai Airbus 330-200 tapi no seat distancing, no food, no drink, no magazine, no new movie.
– Sampai di bandara tujuan, petugas akan men-scan QR code dari e-Hac yang ada di pedulilindungi kita (jadi diisi dulu sebelumnya) – tapi pas nyampe ga ada sinyal! Jadi pake wifi YIA dulu, sebagian malah jadi manual.

Yang sudah terbang selama PPKM, bagaimana pengalaman kalian?

Setelah kembalinya saya dari perjalanan TNTrtw setahun keliling dunia pada 2013, ibu saya dinyatakan kena kanker lambung stadium 4. Selama setahun saya merawatnya bolak-balik Jakarta-Penang untuk pengobatan. Selama itu pula saya menulis buku TNTrtw yang sempat saya berikan kepadanya.

Ketika ibu membaik dan dirawat di rumah, saya diizinkan untuk liburan sambil diving ke Sipadan, Malaysia. Namun pagi itu saya ditelepon bahwa ibu saya meninggal dunia! Mulai dari dermaga inilah dalam 12 jam saya kalang kabut naik kapal yang mogok, taksi yang telat, naik 2 pesawat yang delay, transit, naik taksi lagi, ojek… sampai berada di sisi mendiang.

Saya sempat menyesal tidak berada di sisi ibu pada saat terakhirnya, tapi saya sadar bahwa itulah cara beliau mencintai saya dengan membiarkan saya traveling ke salah satu tempat terindah di dunia.

Gini-gini saya lulusan S2 bergelar Master in Management dari Asian Institute Management di Filipina atas beasiswa penuh dari Asian Development Bank-Japan scholarship lho! Setahun sekolah tentunya termasuk traveling bareng teman-teman keliling Filipina, salah satunya ke Negros Oriental ini.

Beasiswa adalah salah satu cara kita bisa traveling gratis di luar negeri. Masih ada 68 cara lain yang bisa kalian baca di buku 69 Cara traveling gratis yang saya tulis bersama Yasmin. Beli aja di mizanstore.com karena lagi diskon gila, jadi cuma Rp 30 ribu aja! Buruan order sebelum kehabisan!