Manfaat Buah Nangka Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol Sampai Lawan Kanker

Di indonesia , buah nangka ini bukan hanya di konsumsi dalam bentuk segar,akan tetapi juga bisa dijadikan sebagai sayur yang sangat luar biasa enak nya.Bahkan,biji nya ini juga bisa di nikmati dan kaya akan manfaatnya . Pohon nangka ini merupakan salah satu pohon terbesar yang ada di indonesia dan berat buah nya mencapai puluhan kilogram.

Buah nangka ini termasuk sebuah tanaman tropis dari suku Moraceae.Kandungan pada buah ini adalah sumber Vitamin C ,Serat,Kalium,serta mineral dan vitamin yang sangat penting lainnnya.Buah nangka ini memiliki sebuah citarasa yang legit khas dan rasa yang sangat manis.

MenurutĀ  healthline,kandungan yang ada di dalam nangka ini memiliki 3kali lipat lebih banyak di bandingkan buah lain nya seperti mangga dan apel,bukan hanya itu,buah nangka ini sangat kaya akan bemacam jenis antioksidan.Kandungan nutrisinya ini lah yang membuat buah nangka memiliki bermacam manfaat bagi kesehatan apa saja sih?

Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat

Menurut penelitian terhadap hewan,biji nangka membantu menurunkan dan mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat,Bahkan di sisi lain,bahwa biji nangka ini juga terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein ( HDL ).

LDL adalah sebuah penumpukan endapan lilin yang menempel pada dinding bagian dalam arteri.Menumpuknya kolesterol jahat yang bisa menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan seperti meningkatkan risiko serangan jantung,membatasi aliran darah,dan meningkatkan risiko stroke.kolesterol jahat yang membatasi aliran darah ini juga dapat meningkatkan risiko pada tekanan darah tinggi.

Sedangkan untuk HDL itu memiliki peran untuk menghilangkan kolesterol jahat dan pembulu darah arteri dan mengembalikannya ke hati.

Dapat menurunkan tekanan darah

Kandungan dalam buah nangka yang kaya akan kalium atau potasium yang dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah dengan berkat kandungan kalium yang ada di dalam buah nangka bisa membantu untuk menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Tekanan darah yang stabil bisa juga membantu mencegah penyakit stroke , jantung dan keropos pada tulang .namun kandungan kalium yang tinggi juga dapat membahayakan pada penderita ginjal atau kondisi sejenis yang bisa merubah cara tubuh untuk mengatur kalium.