Ciri-ciri Payudara yang Normal yang Harus Anda Ketahui

Bentuk payudara setiap wanita berbeda-beda. Akan tetapi dari perbedaan yang terlihat atau terasa juga tidak selalu menjadi tanda adanya ganggua dari payudara. Penting untuk wanita mengenali ciri-ciri payudara normal dan yang harus diperiksa lebih lanjut ke dokter.

Anatomi payudara yang normal terdiri dari jaringan pada lemak, ikat, kelenjar dan juga saluran penghasil susu, dan pembuluh darah, saraf dan juga saluran getah bening. Organ yang terhubung ke dinding dada yang dimulai pada otot-otot yang ada di area itu.

Payudara yang mendapatkan asupan nutrisi pada sistem pembuluh darah. Selain dari itu, agar bisa menghalau infeksi pada payudara, ada sistem aliran getah bening yang dapat membawa sel-sel agar memerangi infeksi.

Susu atau cairan dari ASI dengan membentuk di kelenjar susu yang terkumpul pada ruang kecil di payudara yang tersambung pada saluran susu. ASI yang dikeluarkan pada puting susu pada saat ibu sedang menyusui bayi. Jumlah dan pada ukuran kelenjar susu ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

Payudara, terdapat tempat yang gelap berwarna kehitaman atau berwarna cokelat yang mengelilingi puting. Pada bagian ini yang dikatakan areola. Areola yang telah mengandung kelenjar Montgomery yang mengurapi puting pada proses menyusui.

Ciri-ciri Payudara Normal
Apa Saja Ciri-Ciri Payudara yang Normal dan Sehat? | Lifepack.id

Terkadang, paydara yang bervariasi pada wanita yang akan tampak meresahkan, terutama yang dikhawatirkan apakah payudaranya mengalami gangguan atau tidak. Agar anda tidak binggung, anda harus mengetahui ciri-ciri payudara normal seperti:

1. Ukuran Payudara

Wanita sering yang mengira jika ukuran payudara besar sebelah merupakan tanda buruk untuk payudara yang tidak normal. Padahal dari perbedaan ini menjadi normal, terutama pada masa pubertas.

Ini bisa terjadi karena payudara yang satu berkembang lebih cepat daripada yang lainnya:.

2. Bentuk Puting

Sebagian wanita yang mempunyai payudara yang normal dengan puting yang mengencang pada saat diraba atau pada saat hawa dingin. Sementara, puting wanita lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena ini menjadi hal yang normal.

Selain itu, bentuk puting juga bisa berbeda-beda, besar atau juga kecil, ini menunjukan jika ke depan maupun bawah, ataupun tampak berbeda antara satu dengan payudara lainnya.

3. Warna Puting

Puting bisa berubah warna tergantung pada suhu, kehamilan dan juga usia. Jadi ketika suatu saat anda menemmukan warna putih yang semakin gelap, ini menjadi hal yang normal.