Beragam Hidangan Indonesia yang Terkenal

Masakan Indonesia menjadi salah satu tradisi kuliner paling kaya di dunia, dan memiliki banyak cita rasa yang sangat pekat. Kekayaan dengan jenis masakannya menjadi cermin dari keberagaman budaya dan juga tradisi Nusantara yang sudah berdiri setara 6.000 pulau yang berpenghuni, dan juga menjadi peran penting pada budaya nasional Indonesia pada umumnya. Hampir pada seluruh masakan Indonesia kaya akan bumbu yang berasal dari rempah-rempah dan gula aren dan di ikuti dengan penggunaan teknik masak berdasarkan bahan yang digunakan, dan tradisi-adat yang memiliki yang mempengaruhi bersama dengan perdagangan yang berasal dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.

Dengan dasarnya tak ada satu bentuk tunggal “masakan Indonesia”, akan tetapi lebih menonjol ke keanekaragaman masakan pada daerah yang telah dipengaruhi pada lokal dengan kebudayaan Indonesia lalu dengan pengaruh asing. Contoh, beras yang diolah menjadi nasi putih, lontong dan ketupat dengan makanan pokok untuk mayoritas pada penduduk di Indonesia, akan tetapi pada bagian timur yang pada umumnya lebih konsumsi sagu, jagung, dan ubi jalar. Pada penyajian pada umumnya sebagian besar makanan Indonesia dengan makanan pokok menggunakan lauk pauk dengan daging, ikan pada sisi piring.

Makanan Sumatera, contohnya seperti sering menggunakan tampilan dari Timur Tengah dan juga India dengan penggunaan bumbu kari dengan hidangan daging, dan sayuran, sementara pada masakan Jawa juga berkembang dengan teknik memaksa asli Nusantara. Pada unsurnya budaya pada masakan Cina bisa dicermati dengan beberapa masakan Indonesia.

Makanan Indonesia pada umumnya telah dimakan menggunakan kombinasi seperti alat makan sendok dengan menggunakan tangan kanan, dan garpu pada tangan kiri, walaupun begitu pada sebagian wilayah juga lazim menyantap makan langsung menggunakan tangan kosong.

Restoran dan rumah tangga dengan lazim telah menggunakan tangan untuk makan seperti restoran tradisional Sunda dan Padang. Tempat ini biasanya telah menyajikan air kobokan dengan irisan jeruk nipis sebagai pencuci tangan untuk memberikan aroma yang segar.

Sumpit menjadi alat makan yang lazim yang ditemukan pada restoran yang telah menyajikan masakan Cina yang sudah tercampur pada masakan Indonesia yaitu bakmi atau mi ayam yang menggunakan pangsit, kwetiau goreng dan mi goreng.