6 Makanan Khas Daerah di Indonesia Beserta Asalnya

Makanan khas daerah di Indonesia sudah dikenal akan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Setiap daerah mempunyai makanan khasnya masing-masing yang memiliki cita rasa dengan keunikannya sendiri. Daerah-daerah yang ada di Indonesia mempunyai lebih dari satu makanan khas yang enak dan wajib sekali anda coba.

Melihat dari fakta, tidak heran jika kuliner Indonesia dapat terkenal di seluruh dunia. Hal ini tak terlepas dari bumbu rempah-rempah yang digunakan sehari-hari untuk berbagai jenis hidangan makanan. Menjelajahi kuliner menjelajahi wisata yang menarik tentunya.

Makanan khas daerah di Indonesia dapat anda coba pada daerahnya langsung. Setiap daerah mempunyai makanan khas masing-masing dengan berbagai cita rasa. Menggunakan bahan dan rempah-rempah dari hasil alam sendiri, tidak heran jika makanan Indonesia dikenal diseluruh dunia.

Berikut ini makanan khas daerah:

Makanan khas Indonesia Bagian Barat

Mie Aceh

Makanan Khas Daerah Aceh berikut ini mempunyai tekstur yang tebal dan dicampur menggunakan irisan daging dan bumbu-bumbu rempah yang sangat kuat. Mie Aceh yang biasa disajikan dengan cara digoreng, direbus dan juga ditumis. Selain itu juga dapat disajikan menggunakan tambahan seafood seperti kepiting, udang dan cumi.

Bika Ambon

Meskipun namanya Bika Ambon, tetapi makanan ini bukan berasal dari Ambon. Kue ini berasal dari Sumatera Utaraa dan biasanya banyak dijual di Kota Medan untuk oleh-oleh. Kue ini memiliki warna kuning dan tekstur yang lembut dan manis.

Makanan Khas Indonesia di Pulau Jawa dan Bali

Sate Bandeng

Sate Bandeng yaitu makanan khas Indonesia yang berasal dari Banten yang terbuat dari ikan bandeng. Keistimewaa dari sate ini yaitu tidak mempunyai duri dan tekstur dengan daging yang empuk.

Kerak Telor

Makanan khas Indonesia yang sudah cukup terkenal yaitu kerak telur. Pasti anda telah tak asing dengan makanan jenis ini yang sudah sering ditemui di Jakarta ini.

Makanan Khas Indonesia di Pulai Kalimantan

Kerupuk Basah

Meskipun namanya kerupuk, anda tidak akan menemukan rasa yang renyah yang berasal dari kerupuk yang menjadi makanan khas dari Indonesia dari Kalimantan Barat satu ini. Kerupuk basah yang tampak seperti otak-otak yang dapat dimakan langsung dengan dicocolkan dengan saus kacang yang bisa membuat rasanya semakin lezat.

Soto Banjar

Soto Banjar menjadi makanan khas Indonesia yang berasal dari Kalimantan Selatan. Soto Banjar yang disajikan dengan daging ayam yang dicampur menggunakan bumbu rempah biasanya sudah ditambahkan dengan perkedel dan kentang rebus.