5 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

Jamur menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan, jamur tiram yang ternyata mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini jamur tiram:

Jamur yang memiliki nama latin yaitu Pleurotus ostreatus ini sudah digunakan selama ribuan tahun pada dunia kuliner dan juga untuk pengobatan.

Selain itu juga jamur tiram juga mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi. Pada 100gram jamur tiram yang mengandung 89,18 g air, energi 33 kkal dan juga memiliki kandungan 3,31 g protein, 0,41 g lemak, 6,09 g karbohidrat, 2,3 g serat 1,11 g gula, 3 mg kalsium, dan 33 mg zat besi.

Jamur tiram yang telah dianggap nikmat untuk pengganti daging ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini ada beberapa manfaat jamur tiram untuk kesehatan.

1. Meninggat daya tahan tubuh

Jamur tiram yang mempunyai antioksidan yaitu selenium, yang bisa membantu melindungi sel dari kerusakan yang bisa membuat penyakit kronis, maka itu dapat membantu untuk perkuat sistem pada kekebalan.

Ahli mengatakan sejak tahun 2017 telah ditemukan jika jamur tiram yang mengandung senyawa yang beraksi untuk imunomodulator, yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem pada kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan fungsi otak

Jamur tiram yang kaya akan niasin, nutrisi yang penting yang sudah membuktikan jika dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan juga dapat mengurangi kognitif yang bersangkutan dengan usia.

3. Bantuh mencegah peradangan

Peradangan yang menjadi respon imun yang normal pada tubuh yang biasa untuk melindungi tubuh pada infeksii dan juga penyakit. Peradangan kronis yang disambungkan karena peningkatan risiko pada penyakit jantung, kanker dan juga diabetes.

4. Melawan radikal bebas

AntioksidaN yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas dan juga membantu cegah kerusakan pada sel.

Beberapa dari penelitian yang sudah melaporkan jika jamur tiram yang mengandung antioksidan yang bisa tingkatkan kesehatan yang bisa membantu untuk melawan riadikal bebas dan dapat menurunkan risiko kondisi pada kesehatan yang kronis.

5. Cegah risiko diabetes

Anda bisa mencoba meningkatkan mengonsumsi jamur titam yang sudah terbukti dapat menurunkan risiko diabetes.

Dari sebuah penelitian telah mengatakan jika jamur tiram kaya akan B-glukan, serat pada makanan yang telah laurt pada air yang bisa membantu meningkatkan kadar glukosa, yang bisa membantu untuk mengurangi risiko diabetes.